Jumat, 17 Juni 2016

“ KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI “

1.      PENGERTIAN KOMUNIKASI
Komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu "Communis" atau "common" dalam bahasa Inggris yang berarti sama. Berkomunikasi berarti kita berusaha mencapai kesamaan makna "commonness", atau dengan ungkapan lain melalui informasi kita mencoba untuk berbadi Informasi , gagasan atau sifat dengan partisipan lain. Kendala utama dalam berkomunikasi adalah sering kali kita mempunyai makna yang berbeda terhadap lambang yang sama.
Komunikasi adalah salah satu cara manusia berhubungan yang melibatkan pengertian atau maksud, dengan syarat mereka perlu setuju dengan definisi istilah-istilah yang digunakan berdasarkan sesuatu yang simbolik seperti isyarat,huruf,nomor dan perkataan yang melambangkan ide-ide yang dapat menyampaikan maksud.

2.      UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Ada 5 unsur yang terkandung dalam komunikasi:
1)      Komunikator (communicator) yaitu memberi berita,dalam hal ini adalah orang yang berbicara, pengirim berita atau orang yang memberitakan.
2)      Menyampaikan Informasi atau berita, dalam hal ini dapat dilakukan dengan cara mengatakan,mengirim ataupun menyiarkan.
3)      Berita-berita ( Message ) yang disampaikan dapat dalam bentuk perintah,laporan atau saran.
4)      Komunikan (communicate) yaitu orang yang dituju, pihak penjawab atau para pengunjung yang menerima informasi atau berita.
5)      Reaksi atau tanggapan (respon) yaitu dalam bentuk tanggapan atau reaksi.
Kelima unsur komunikasi tersebut merupakan kesatuan yang utuh dan bulat, dalam arti apabila salah satu unsur tidak ada maka komunikasi tidak akan terjadi. 






3.      TAHAPAN-TAHAPAN CARA MENYALURKAN IDE MELALUI KOMUNIKASI:
a.       IDE (gagasan) oleh sender.
b.      PERUMUSAN yaitu dalam perumusan ini ide si sender disampaikan oleh kata-kata.
c.       PENYALURAN (transmitting) yaitu penyaluran ini bisa lisan,tertulis,simbol maupun isyarat,dll.
d.      TINDAKAN yaitu tindakan ini sebagai contoh perintah-perintah dalam organisasi dilaksanakan.
e.       PENGERTIAN yaitu kata-kata si sender dalam perumusan tadi dijadikan ide oleh si penerima.
f.       PENERIMAAN yaitu ide atau informasi ini diterima oleh penangkap berita (receiver).

4.      MENURUT CHRUDEN DAN SHERMAN, DALAM BUKUNYA PERSONNEL MANAGEMENT , 1976, jenis hambatan teknis dalam komunikasi:
a)      Tidak adanya rencana dan prosedur kerja yang jelas
b)      Kurangnya informasi atau penjelasan.
c)      Kurangnya keterampilan membaca.
d)     Pemilihan media (saluran) yang kurang tepat.
e)      Hambatan Semantik Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau ide secara efektif. Definisi semantik sebagai studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa.Kata-kata membantu proses pertukaran timbal balik arti dan pengertian (komunikan dan komunikator), tapi seringkali proses penafsirannya keliru. Tidak adanya hubungan antara simbol dan dengan apa yang di simbolkannya dapat mengakibatkan data yang dipakai ditafsirkan sangat berbeda dari apa yang dimaksudkan sebenarnya.Untuk menghindari misi komunikasi yang seperti ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat sesuai dengan karakteristik komunikannya, dan melihai kemungkinan penafsirannya terhadap kata-kata yang dipakai.
f)       Hambatan Manusiawi,Terjadi karena adanya faktor emosi dan prasangka pribadi, presepsi, kecakapan atau ketidakcakapan, kemampuan atau ketidakmampuan panca indera manusia,dll.Menurut Chruden dan Sherman:
a. Hambatan yang berasal dari perbedaan individual manusia yaitu perbedaan umur, perbedaan presepsi,perbedaan keadaan emosi, perbedaan status, keterampilan mendengarkan, penyaringan dan pencairan informasi.
b. Hambatan yang ditimbulkan oleh iklim psikologis dalam organisasi yaitu Suasana iklim kerja dapat mempengaruhi sikap dan perilaku staff dan efektifitas komunikasi organisasi.

5.      KLASIFIKASI KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI TERDAPAT BEBERAPA MACAM KLASIFIKASI KOMUNIKASI DAN DIANTARANYA ADALAN SEBAGAI BERIKUT:
a)      Komunikasi lisan : komunikasi yang langsung berbicara.
b)     Komunikasi tertulis : komunikasi yang melalui tulisan.
c)      Komunikasi verbal : komunikasi yang dibicarakan / diungkapkan.
d)     Komunikasi nonverbal : komunikasi yang tersirat.
Ø  Dari segi sifatnya:
e)      Komunikasi lisan : komunikasi yang langsung berbicara.
f)       Komunikasi tertulis : komunikasi yang melalui tulisan.
g)      Komunikasi verbal : komunikasi yang dibicarakan / diungkapkan.
h)      Komunikasi nonverbal : komunikasi yang tersirat.






Ø  Dari segi arahnya:
a.    Komunikasi ke atas : komunikasi dari bawahan ke atasan.
b.    Komunikasi ke bawah : komunikasi dari atasan ke bawahan.
c.    Komunikasi horizontal : komunikasi ke sesama manusia yang derajatnya / tingkatnya sama.
d.   Komunikasi satu arah : Komunikasi tanpa ada timbal balik.
e.    Komunikasi dua arah : komunikasi dengan adanya timbal bakik / saling berkomunikasi

Ø  Dari segi arahnya:
a.    Komunikasi ke atas : komunikasi dari bawahan ke atasan.
b.    Komunikasi ke bawah : komunikasi dari atasan ke bawahan.
c.    Komunikasi satu arah : Komunikasi tanpa ada timbal balik.
d.   Komunikasi horizontal : komunikasi ke sesama manusia yang
derajatnya / tingkatnya sama.
e. Komunikasi dua arah : komunikasi dengan adanya timbal bakik/
saling berkomunikasi.

Ø  Dari segi lawannya:
a.       Komunikasi satu lawan satu : berbicara dengan lawan bicara
yang sama.
b.      Komunikasi satu lawan banyak(kelompok) : berbicara antara satu orang dengan satu kelompok.
c.       Komunikasi lawan kelompok : berbicara antara satu kelompok dengan kelompok yang lain.
Ø  Dari segi keresmiannya:
a.       Komunikasi formal : komunikasi yang langsung resmi.
b.      Komunikasi informal : komunikasi yang tidak resmi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar